Aditya

SELAMAT DATANG

Selamat datang di Blog Aditya - Saya Senang dengan anda mengklik informasi ini, berarti anda peduli dengan keberadaan blog ini, saya berharap ini bukan untuk kali pertama anda mengunjungi blog ini. Mudah-mudahan blog ini bermanfaat untuk Anda.

Sekilas Tentang Riandhika Adityawan (Creator)

Nama saya Riandhika Adityawan, Saya seorang Pelajar di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Purworejo atau SMA Negeri 2 Purworejo dengan Bahasa Gaulnya SMANDA. Sekarang saya berada di kelas XI IPS 1. Lebih Menghormatilah Janji Kepada Diri Sendiri.(' ',)

Indonesia Buat Kereta Batik Pertama di Dunia

Apa yang ada dibenak kalian saat mendengar kata batik?
Pastinya yang pertama melintas adalah kain Batik. Memang batik identik dengan kain ataupun baju yang dikenakan saat ke pesta pernikahan atau pesta-pesta lainnya. Batik merupakan karya Indonesia yang sudah di patenkan sejak Oktober 2009 lalu, selain kain batik yang sudah mendunia dan dikenal banyak orang, batik juga terus dikembangakan dan terus berinovasi, mulai dari tas Batik, dompet, sepatu sampai Traktor Batik.

Nah, pada 15 Februari yang lalu telah launching sebuah kereta api dengan motif Batik yang dikerjakan dari 11-14 Februari. Kereta dengan panjang 21 meter dan tinggi 5 meter ini dilukis oleh 5 orang konseptor dari Fakultas Seni Rupa dan Design (FSRD) ITB dan juga 8 orang teknisi dari MAP design. Pembantikan pada kereta ini merupakan design batik kontemporer yang merupakan paduan dari bati Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur dengan Tema “Restu Neng Buwono” atau kedamaian di muka bumi.
kereta-muri-4
Motifnya sendiri ada khas dari 3 daerah di Pulau Jawa dan juga beberapa tokoh wayang. Setiap gambar yang tertoreh sepanjang kereta api ini bukanlah sebuah gambar semata, melainkan memiliki makna di tiap gambarnya. Corak batik pada kereta ini melambangkan sebuah cerita dan cita-cita tulus dari semua pihak yang mencintai dan menginginkan kereta api untuk terus maju dan berkembang. Seperti gambar tokoh perwayangan, Bima, yang melambangkan kereta api yang akan menjadi pemimpin dalam hal sarana transportasi di Indonesia. hal ini didasarkan karena Bima sendiri adalah seorang pemimpin dari pasukan Pandawa serta memiliki sifat gagah berani, teguh, kuat, tabah, patuh dan jujur.
Selain Bima, juga terdapat sebuah selendang yang memanjang sebagai bentuk penghargaan kepada batik yang merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang diakui oleh dunia. Selendang ini juga melambangkan kereta api yang mempersatukan tiap golongan masyarakat Indonesia yang beragam suku, budaya, agama dan ras menjadi sebuah rangkaian silahturahmu yang harmonis. Sedangakan burung melambangkan sebuah harapan dan doa bahwa kereta api akan selalu memberikan rasa aman dan kepercayaan kepada konsumen hingga membuat kereta api menjadi yang terbaik dalam bidang transportasi. Taman bunga pada kereta ini melambangkan kota Bunga, Bandung, juga harapan Kota Bandung yang akan selalu Indah, asri dan permai sebagai kota yang dikenal dengan pariwisata dan budaya.
Bermodalkan design batiknya yang unik, kereta api ini masuk ke dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) dan juga Rekor Dunia. Dengan mendapatkan kedua penghargaan ini, diharapkan agar Batik lebih mendunia dan kreatifitas anak muda semakin berkembang dan menciptakan inovasi-inovasi terbaru lainnya.
kereta-muri-21

No Response to "Indonesia Buat Kereta Batik Pertama di Dunia"

Posting Komentar